Kamis, 28 Januari 2016

AS Akan Tingkatkan Dukungan bagi Oposisi Suriah

CNN Indonesia
AS Akan Tingkatkan Dukungan bagi Oposisi SuriahPresiden AS Barack Obama mengatakan akan menambah dukungan bagi oposisi Suriah demi menggulingkan rezim Assad dan menanggulangi ISIS. (Reuters/Gary Cameron)
JakartaCNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat Barack Obama berjanji akan meningkatkan dukungan bagi oposisi moderat dalam perang sipil Suriah. Pada Senin (6/7), ia juga mengatakan bahwa AS perlu berbuat lebih banyak untuk mencegah serangan di dalam negeri memerangi upaya ISIS merekrut pengikut.

"Kita harus meningkatkan permainan kita untuk mencegah serangan-serangan ini," kata Obama, merujuk pada serangan lonewolf, individu yang menyerang karena teradikalisasi sendiri lewat internet.

Obama mengatakan tidak ada rencana untuk mengirim tambahan pasukan AS di luar negeri, ia juga menekankan kembali bahwa perang melawan kelompok militan ISIS tidak akan berlangsung cepat.

Dia mengatakan pelatihan pasukan AS di Irak telah menggenjot pelatihan setelah selama ini terlalu lambat.

Sebelumnya, militer AS telah menyesalkan karena Irak tidak merekrut cukup banyak orang, tak sesuai dengan target AS. Militer juga mengakui bahwa perekrutan dan pelatihan di Suriah untuk melawan ISIS bergerak lambat, sebagian karena masalah pemeriksaan relawan.

"Kami terus mempercepat pengiriman peralatan penting, termasuk senjata anti-tank, kepada pasukan keamanan Irak," kata Obama di Pentagon. "Dan saya telah menjelaskan kepada tim saya bahwa kita akan melakukan lebih untuk melatih dan melengkapi oposisi moderat di Suriah."

Sementara itu, Partai Republik mengkritik Obama karena menilai strateginya tidak berhasil.

"Retorikanya tidak sesuai dengan kenyataan. Selama tahun lalu, ISIS telah memperluas jangkauannya secara eksponensial, dan pengaruh kelompok itu terus tumbuh," kata Senator Tom Cotton. "Kita tidak akan mengalahkan tentara jihad radikal dengan birokrat lainnya di DC dan tidak ada dana untuk militer kita di garis depan."

Obama juga mengatakan perlu upaya lebih untuk mencegah perekrutan ISIS di AS. Upaya AS untuk melawan ekstremisme tidak hanya terbatasa pada Muslim Amerika atau kelompok agama, tetapi kelompok militan yang menargetkan upaya rekrutmen di komunitas itu, kata Obama.

"Kita juga harus mengakui bahwa ISIL (ISIS) telah sangat efektif dalam menjangkau dan merekrut orang-orang yang rentan di seluruh dunia, termasuk di Amerika Serikat," ujar Obama.(stu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar